Tentang Saya

Aku adalah warga negara biasa yang hidup didesa, keprihatinanku akan kondisi lingkungan saat ini yang membuatku ingin mengajak semua kalangan untuk kembali ramah kepada alam sekitar.

Selama ini aku disibukkan oleh rutinitas kerja yang padat, hingga tak sempat lagi aku melihat dan memperhatikan alam sekitarku. Namun sejak 17 Januari 2007 aku mengajukan surat pengunduran diriku, dan kini aku berusaha fokus di duniaku yang baru dunia pertanian, yang mungkin menjadi jembatan bagiku, untuk kembali memperbaiki kerusakan alam ini, tentunya dari bagian kecil yang aku bisa.

Salam untuk Negeriku

dhawir (+62 813 27 640 900)


123 Tanggapan to “Tentang Saya”

  1. setuju banget…..!!!!!
    saya ingin mengikuti jejak anda…..semoga bia!!!!
    mari kita semua bersama-sama mewujudkan Indonesia yang damai,yang elok,indah…..(saya jd teringat lagu RUMAH KITA). Rencana saya setelah lulus kuliah ini,saya ingin skali pulang ke desa saya :)
    semoga saya bisa lulus tahun ini….Saya akan berusaha mengunjungi situs ini,semoga bisa membantu saya :)

    ok…GOOD LUCK!!!!

  2. ini no hp saya (085224443553), mohon agar dapat berkomunikasi dengan anda. saya jarang masuk warnet, sebab saya tinggal didesa (indramayu JABAR). e-mail saya sudah tidak aktif. bisa ya !!

  3. SEMOGA SEMUA SUMBANGSIH ANDA KEPADA NEGARA DAPAT PAHALA YANG SETIMPAL KAMI SELALU MENDUKUNG ANDA

  4. Sungguh…saya ingin mengetahui rencana dan aksi anda di desa, serta kondisi ekonomi anda saat berhenti bekerja…. Semoga jadi solusi bagi saya yang ingin ke desa tapi masih ragu dengan kondisi ekonomi saya yang hanya PNS rendah..

  5. Setuju banget pak, minta ijin untuk nge link blognya, saya lagi cari artikel ttg organik, diblog saya tawarkan penyembuhan penyakit dengan makanan organik semoga bermanfaat
    Salam
    Lambang Insiwarifianto

  6. apakah ada peluang untuk jual biji jarak saya

  7. salam kenal… keep fight…

  8. Ngga nyangka, salut deh dengan perbuatannya, yang organik-organik memang lebih friendly. Cara buat EM, mudah-mudahan bermanfaat buat masyarakat yang kadang2 nanya, biar bikin kompos mereka lebih cepat

  9. Saya pingin buat kompos dari dedaunan. Khusus dedaunan saja. Karena banyak daun berguguran di tempat saya. Gimana ya caranya. Setelah itu pingin juga bikin kompos dari bahan baku lainnya.

  10. Wah bagus banget kalau semua orang kaya seperti anda yang siap mengabdi tanpa pamrih ke desa. Memang basis kita masih di desa dan itu harus dipertahankan selamanya. Kita contoh negara-negara lain yang telah maju tetap berpedoman kpd desanya.

  11. Saya positif dan pingin ikut jadi seperti anda, saya mengundurkan diri dari tempat kerja saya di monaco dan ingin kembali ke desa saya akhir bulan ini ( april 2007).Soal pertanian saya sama sekali buta tapi soal teknik mekanisasi dan rancang bangun alat/ mesin produksi adalah kerja saya. Dimana saya bisa bertemu anda atau paling tidak bisa komunikasi via telpon dgn anda?? sangat ingin untuk tukar pendapat dgn anda.
    saya tiba di jkt tgl 12 may 2007.
    selamat atas perjuangan dan usaha anda
    salam kenal

  12. menyambung respon sebelumnya. Ini kontak saya di indonesia. 0542 416617 (telpon rumah di balikpapan) 0033 6 3146 2065 (hp prancis) Saat ini saya bersama beberapa teman sedang berusaha membantu beberapa kelompok tani karet di jambi dgn memproduksi alat alat pres karet agar getah karet basah mereka bisa langsung di giling untuk menghilangkan kadar airnya dan alat pengasap/ pengering karet untuk mempercepat proses pengeringan. semoga alat alat tsb bisa membantu meningkatkan mutu karet dan meningkatkan harga jual karet petani.Bagaimana saya bisa menghubungi anda?…
    Salam

  13. Terima kasih atas perhatiannya bila ingin menghubungi saya di nomer +62 81 327 640 900 namun demikian perlu dicatat bahwa saya bukanlah seorang yang seperti dalam bayangan teman-teman, saya hanya seorang mantan karyawan swasta biasa yang hidup pas-pasan dan seadanya bahkan saat ini saya sedang sedikit terseok-seok karena menanggung kerugian dari turunnya harga bawang merah yang membuat hasil panen saya tidak mendapat hasil sesuai target (harapan).

    Namun demikian semangat saya untuk berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan tetap tidak akan surut.

    Dan saya tetap bersedia membantu memberikan informasi dan pengetahuan tentang pertanian yang saya miliki untuk mewujudkan harapan besar meningkatkan kesejahteraan seluruh petani indonesia (yang selama ini terpinggirkan oleh roda pembangunan).

    Salam Tani
    dhawir

  14. salut…
    Minggu lalu saya pulang kampung dan saya merasakan persis apa yang anda rasakan, saya sedih melihat kampung saya yang makin sepi karena setiap putra desa yang lulus sekolah langsung merantau… pergi ke kota (termasuk saya), saya juga tidak bisa menyalahkan mereka, mungkin juga mereka melihat sebagian temen yang mencoba bertahan di kampung akhirnya bekerja apa adanya, tidak maju atau bahkan menganggur… dan makin “terpinggirkan”, apalagi tingkat perekonomian di desa saya yang sebagian besar bergantung dari hasil pertanian padi tadah hujan cenderung stagnan…
    saya sangat ingin melakukan sesuatu untuk desa saya tapi sampai dengan hari ini saya belum ada keberanian untuk mengambil keputusan seperti anda, saya belum tau apa dan bagaimana saya harus melakukan, mohon ide dan sarannya !!!
    perlu anda ketahui sekarang saya bekerja pada sebuah perusahaan asing di jakarta dalam bidang IT dan desa saya di sudut kabupaten klaten. bagi temen-temen yang punya visi yang sama bisa hubungi saya, HP. 0815 9428 734 atau email : biztya@yahoo.com

    salam mudik
    A. Riyadi

  15. Mas Dhawir dan teman-teman yang lain, kebetulan bulan depan saya juga akan pulang ke Indonesa setelah menyelesaikan study saya (IT) di NL , InsyaAllah. Saya dan suami berencana akan men-develop eco village di Lombok, dan mulai melakukan beberapa research ttg penggunaan EM untuk waste management, yang salah satunya juga untuk membuat kompos.

    Marilah kita smua optimis untuk membangun/memperbaiki bangsa kita semampu kita, walopun setiap hari berita2 di negara kita tampaknya makin bikin ngelus dada. InsyaAllah intesi-intesi yang baik akan dimudahkan jalannya oleh Allah. amiin..

  16. Terima kasih atas dukungan dan interest teman-teman, mungkin hanya ini yang bisa saya perbuat (membuat blog dan mengguggah teman-teman untuk lebih mengerti kondisi negeri kita yang semakin memprihatinkan), mari berbuat sesuatu yang kita mampu sekecil apapun itu, yang pasti demi negeri kita tercinta.

    Salam Tani dari anak negeri
    dhawir (wiryawan nugroho)

  17. Saya setuju dengan langkah anda, saat ini saya juga sedang mengusahakan penyampaian teknologi yang bersifat ramah lingkungan / organik. sebab Allah di dalam al Qur’an surat ar rum 41 menjelaskan bahwa kerusakan di muka bumi ini adalah akibat ulah tangan manusia sendiri. karena itu bencana demi bencana terus terjadi akibat dari ulah manusia-manusia yang serakah yang hanya memikirkan keuntungan pribadinya saja tanpa memikirkan akibat yang akan datang. inilah karakteristik dari sebuah ideologi kapitalistik yang saat ini sedang dianut oleh pemerintah kita, sehingga dampaknya terjadi disemua lini kehidupan termasuk pada bidang pertanian. saya ingin menjalin komunikasi terus dengan anda karena saya juga praktisi pertanian yang sedang muak dengan yang namanya bahan-bahan kimia yang pada akhirnya meracuni manusia. ini no hp saya 08122472529 mohon utuk kontak-kontak kami dan kita saling bertukar informasi untuk memajukan pertanian dinegeri ini. salam

  18. Kami dari Fak Pertanian UPN “Veteran” Jatim di Surabaya bermaksud mengundang saudara untuk berpartisipasi dalam bursa produk biopestisida dan biofertilizer dalam acara Seminar Fak Pertanian dengan tema “Biopestisida dan Biofertilizer sebagai sarana Penunjang Revitalisasi Pertanian”. Mohon untuk kontak kami pada alamat email ini atau hp 081334378643. Terimakasih.

  19. Di desa saya bertani organik masih merupakan hal yang “aneh” karena selama ini semua warga selalu menggunakan pupuk dan pestisida kimia, karena itu saya sedang mengumpulkan informasi mengenai bertani organik, untuk saya sosialisasikan di kampung saya atau minimal saya coba terapkan di lahan saya, untuk itu kalau ada rekan-rekan yang mempunyai ada informasi tentang hal tersebut mohon kiranya berbagi.
    Buat rekan wisnu dari UPN Veteran, mau dong informasinya tentang Biopestisida dan Biofertilizer-nya…
    salam kenal buat Pa Trianto, mudah-mudahan tertarik mengembangkan mesin untuk mendukung pertanian yang murah dan aplikatif
    Trims.

  20. what an inspiring blog.. (: *wish you the very best!! (-;

  21. bapak saya mau tanya tempat membeli bibit padi janis menthik wangi terima kasih

  22. Salut … Maju Terus …

  23. semoga ilmu yang ditularkan melalui media maya ini menyadarkan kita semua. Mari bangun INDONESIA bersama. BANGUN DESA KITA.

  24. Beberapa bulan terakhir ini saya tertarik membaca dan mencari literatur tentang pupuk organik serta pembuatan EM, dan sekarang ini saya sedang membuat pupuk kompos. Saya sekarang ini bekerja sebagai tenaga graphic design di perusahaan asing, sudah pada titik jenuh, ingin rasanya pulang kampung di Ungaran mencoba hidup sederhana sambil membuat pupuk kompos, sebab di Ungaran banyak pabrik yang membutuhkan EM untuk menetralisir limbah mereka. Tapi belum ada keberanian seperti Mas Wir. Salut dari saya untuk Mas Wir.
    Salam kenal.

    Maryono

  25. Pak Dhawir…. saya kagum dengan perjuangan anda & saja juga berterima kasih atas segala informasi ttg organik, dan mudah-mudahan atas perjuangan & informasinya tidak sia-sia & semoga dapat balasan dari Allah SWT….. amiiin
    Dan saya mohon untuk informasi pembuatan fungisida organik, terima kasih sebelum & sesudahnya

  26. Kalau bukan saat ini, lalu kapan lagi? Apakah harus menunggu nasi “sudah menjadi bubur” Lahan pertanian dan ekosistem kita sudah semakin rusak, khususnya karena penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun ini. degradasi lingkungan semakin parah dan akibatnya dapat dirasakan “porak-poranda” “Selamatkan lingkungan dan kehidupan petani mulai sekarang juga”! Pertanian Organik-selaras alam adalah harus dimulai saat ini

  27. Pak Aries, untuk fungisida organik bapak bisa menggunakan minyak mimba (minyak yang diperoleh dari pengepresan daun mimba, itu fungisida paling efektif. Selamat mencoba…

    Mimba (minyak mimba) berguna untuk semua : insektisida dan fungisida.

    Wiryawan Nugroho

  28. saya juga punya impian untuk memasyarakatkan pertanian organik yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan. doakan semoga impian saya dapat tercapai

  29. maju terus.. semoga berhasil. Suatu saat nanti saya ingin mengikuti jejak anda InsyaALLOH. Memang, mungkin sudah waktunya kita kembali berpikir untuk memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia daripada mencari yang tidak ada (kimia buatan).

  30. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Baru saja kita memperingati hari kemerdekaan yang ke 62. Benar kita sudah merdeka? Nangis rasanya melihat cara masyarakat kita memperingati 17-an. Mereka hanya hura-hura dan bahkan hanya “gojegan” saja. Lihat bagaimana lomba-lomba yang telah dilombakan, ya itu tadi hanya gojegan thok thil. Barang kali ini juga hanya pelarian dari perasaan sangat berat yang ditanggung masyarakat kita. Namun kalau ini tidak segera disadari oleh kita semua maka apa jadinya negri ini?
    Perkenalkan saya SUGILI PUTRA (bukan nama samaran) kerja di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – BATAN Yogyakarta. Nomor HP saya : 08128444467. Emailnya : sugili@sttn-batan.ac.id Saya punya keprihatinan yang sama dengan teman-teman sekalian. Oleh karena itu setelah saya baca website ini, saya lalu merasa punya teman untuk bersama-sama memperbaiki kondisi masyarakat ini terutama melalui pertanian. Saya memang sedang memulai setelah lama saya merasakannya. Informasi dari saya ada salah satu program dari almarhum Bapak Kusnanto (rektor UGM lalu) bahwa yayasan bentukan beliau selalu mengadakan pelatihan lingkungan selama 2 minggu namun masih terbatas untuk lingkungan santri pesantren. Pelatihan tersebut diadakan di Desa Cangkringan di lereng Gunung Merapi dengan nama Pesantren Hifdzul Bi’ah.
    Semoga ada manfaatnya, mari kita bentuk PASUKAN PEJUANG 07 sebagai pewaris PEJUANG 45 untuk memerdekan bangsa ini secara hakiki. Bangsa ini dapat menjadi makmur jika kita dapat melaksanakan salah satu ajaran Gandhi, yaitu GERAKAN SWADESI.
    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

  31. ok, banget artikelnya. sukses bos

  32. Semoga suatu saat kita bisa bekerjasama. Salam kenal dari kami pecinta mangrove Indonesia.

  33. saya juga ikutan dech 1000 % siap emmbantu dengan segenap tenaga.
    silakan hub fafa_jaya@yahoo.com

  34. saya masih menyimpan rekaman penggunaan pupuk organik yang mampu meningkatkan produktivitas komoditi pertanian, peternakan dan perikanan. bagi teman-teman yang ingin sharing informasi dipersilahkan menghubungi saya. Rekaman VCD gratis dikirim ke alamat anda, semoga memberi inspirasi. Sebaliknya bila anda memiliki info yang bagus juga, mohon dikirimkan ke alamat saya. Terima kasih/anung anungrey@yahoo.com 0811122045

  35. Yth Pak Wiryawan,

    Trima kasih atas respon anda dan maaf baru kali ini saya mengontak anda kembali.
    Saya terlalu sibuk sejak saat. tiba 12 mei lalu karena langsung ke propinsi jambi,kaltim, dan kalsel. Untuk survey kondisi petani dan alam.

    Secara umum cukup menyedihkan. Sungai mahakam di kutai misalnya tidak bisa lagi di jadikan tempat untuk beternak ikan karena pada musim hujan, limbah dari tambang batu bara mengalir dan mecemari air . belum lagi banjir yg menenggelamkan sawah dan ladang petani. Kesulitan ini masih di tambah oleh sistem dagang tengkulak yg maunya untung terlalu besar dan membeli hasil pertanian dgn sangat murah.

    Sejak Juli 2007 kami membentuk forum komunikasi antar petani untuk wilayah Balikpapan dan sekitarnya. Salah satu program yg telah berjalan dan di rasakan anggota kami adalah penyampaian informasi harga eceran komoditas sayuran di pasar pada hari itu.

    Selama ini alat² yg kami produksi dan tengah di coba pakai oleh rekan ² petani antara lain; alat manual penebar biji benih seperti jagung,kacang tanah, kedelai, alat pencacah untuk sampah organik, dan juga sedang di produksi alat penebar benih untuk bijian kecil seperti biji sawi daging atau pak choi.

    Alat penebar bijian kecil ini walaupun belum sempurna telah menunjukkan hasil yg baik. Ini karena tidak terjadi proses pindah tanam sehingga pertumbuhan tidak terhambat. Hasil rata² setelah menggunakan alat ini adalah 4-4,5 kg pak choi /m².

    Selain itu salah satu alat yg banyak di minati rekan petani adalah alat yg kami sebut Central sprayer. Yaitu alat yg berfungsi seperti hand sprayer solo tapi dgn kapasitas tangki yg jauh lebih besar. Alat ini menggunakan satu tabung angin dan drum plastik 200 liter.Cara kerja alat ini mirip dgn tabung kompor yg banyak di pakai penjual martabak.

    Sayang saat ini saya terbentur masalah sertifikasi tabung yg saya bikin tsb akhirnya saya mempergunakan pompa listrik yg di gerakkan oleh mesin potong rumput untuk mengganti sistem pompa angin yg ramah lingkungan dan bebas bahan bakar.

    Saya akan kembali ke indonesia awal november.

    Trima kasih dan sampai jumpa.

    Salam Tani
    Trianto

    Ps: untuk rekan rekan yg ingin membangun negri dari desa seperti pak wirawan, memang ini bukan hal mudah tapi bila kita telah memulai walaupun dgn hal yg kecil itu akan sangat membantu.

    Saya juga bukan orang kaya raya dan jujur saja 100% dana yg saya pergunakan selama ini adalah donasi dari teman teman lainnya.

    Salam kenal
    Trianto

    trianto@technico-indonesia.com hp 0813 9880 4528 (hp on dari 2 november)

  36. Halo mas,
    Saya setuju buanget dengan idemu,semoga anda selalu dilimpahkan rahmad,hidayah dan karunia,didalam meniti hidup dan kehidupan ini.
    Hati dan jiwa anda sungguh mulia,saya rasanya tidak sanggup menyamai anda,tetapi saya akan berusaha menemani anda,karena cita-cita kita sama.saya ada alamat di e-mail ini maupun di ariefs1957@yahoo.com, saya selalu bersama masyarakat didesa,tetapi saya tidak terlalu berdaya untuk bertani karena saya tidak mempunayai talenta,mudah-mudahan dengan tulisan anda akan dapat saya terapkan bersama-sama masyarakat didesa.
    Matur nuwun ya

  37. hallo…makasih atas info biopestnya pak.
    salam haja buat kawan yang telah kembali ke alam lagi.
    info unlam buat kawan yang menyenangi pestisida alami. bahwa tanaman tegari Dianella sp dapat mengendalikan tikus sawah Rattus Sp, dimana akar-akarnya yang sudah dibersihkan dipotong-potong kemudian ditumbuk atau diblender dengan diberi air secukupnya kemudian peras. lalu campurkan dengan beras ketan dalam wadah gelas selama air perasan tegari tersebut meresap kedalam beras ketan. selanjutnya disaring dan dikering anginkan dihamparan koran bekas kering yang sebelumnya bahan tersebut sudah diaduk dengan udang kecil kering yang telah dihaluskan sebagai pembau nya.perhatian…selama pembuatan jangan lupa pake sarung tangan karet, karena tikus peka terhadap bau tangan manusia.goodluck..selamat mencoba.

  38. hallo lagi..
    info unlam lagi buat kawan-kawan bahwa unlam juga memproduksi LETI Letupan Emposan Tikus buat mematikan tikus yang berada dalam sarang galangan sawah. bahan-bahannya adalan garam inggris, belerang, arang yang telah dihaluskan dengan perbandingan masing-masing sama. dioseng-oseng dalam wajan yang dicampur dengan air secukupnya. bahan selanjutnya dikering anginkan di atas koran bekas. sisakan secukupnya bahan yang telah dimasak buat merendam benang buat sumbunya, lalu dikeringanginkan juga. setelah kering bahan dimasukkan dalam selonsong yang telah dibuat sebelumnya dan ukurannya kurang lebih 10cm atau terserang anda. dalam pemasukan bahan juga dimasukkan sumbunya atau benang genderannya. met mencoba aja.

  39. Saya sangat sangat mendukung dan saya akan mencoba resep pupuk anda, walaupun saya bukan petani. Saya dibesarkan dan besar karena petani desa.Sejak usia sd sampai sma bisa dipastikan hari-hariku tinggal di sawah sambil menanam padi, kedelai, pohong, kacang dll. bahkan sering aku belajar di sawah.saya juga senang beternak ayam, kambing, sapi, kelinci, angsa, bebek.
    Saya berharap pemimpin dan penduduk negeri ini harus sadar bahwa negara kita adalah agraris. Semua harus peduli terhadap lingkungan dengan berbuat nyata, tidak sekedar slogan. Saya malu negriku yang terkenal “gemah ripah loh jinawi” kok dengan bangganya mengimpor beras dan buah dari negara lain yang sebenarnya jauh lebih tandus.
    Mari kita terus menanam apa saja yang bermanfaat di pekarangan kita, di pot-pot rumah kita sambil mengolah sampah menjadi pupuk dengan teknik yg sudah diperkenalkan putra-putri terbaik bangsa. Ingat kita harus berbuat nyata untuk negeri ini walaupun bukan penguasa atau pejabat.
    Okee?
    salam sukses

  40. Mas Dhawir, bisa tolong info mendapatkan pohon sirsak diwilayah DKI ?

  41. salam kenal,
    nama saya Khay, sekarang masih bekerja sebagai salah satu karyawan swasta di Jakarta, dari dulu saya ingin sekali hidup dikampung dengan apa adanya tetapi karena desakan keluarga terutama orang tua saya akhirnya merantau ke Jakarta, walaupun hati saya tidak pernah dijakarta.
    saya sangat salut dengan pak Dawir yang menurut saya sangat berani untuk untuk meninggalkan pekerjaan dan kembali ke pertanian! satu- satunya sektor yang seharusnya menjadi andalan negara kita karena kelimpahan dari lahan dan kesuburan tanah yang selama ini tidak pernah digarap bahkan tidak pernah dilirik oleh pemerintah.
    saya mohon doa restu teman2 semua mudah2an jika tidak ada kendala saya juga akan berhenti dari pekerjaan saya pada akhir maret atau awal april 2008 ini, dan akan kembali ke kampung untuk membangun kampung sebisa saya.
    ini alamat email saya : c_khay@yahoo.com
    bravo pertanian………………. rgds / khay

  42. EVEN A THOUSAND MILES JOURNEY MUST BEGAN FROM A SINGLE STEP
    ( perjalanan yang sangat jauh sekalipun harus dimulai dari satu langgkah pertama ) yang untuk kebanyakan orang tidak mudah untuk dilakukan.
    be green and long live Organic ……… Khay

  43. Wah, saya telat niih buka web ini, perkenalkan saya Tauhid, baru 6 bulan pulang kampung,sebelumnya saya di bogor, sekarang lagi menggeluti dunia pertanian. trims atas webnya, kalau ada kesempatan bisa silaturahim bagi para pejuang pembangunan dari desa untuk bangsa

  44. Saya sangat setuju sekali dgn anda, kalau bukan kita siapa lagi?! Saya pribadi sgt prihatin dg desa dimana sy pernah tinggal dan dimana ibu saya sekarang, tiada lgi suara ayam hutan atau keliweran burung liar dan hampir tak ada lagi hutan yg ditumbuhi pohon2 besar.
    Tapi apa lah daya sy hanya seorang istri dan ibu dari 6 anak kami. Saya hanya menunggu kerelaan suami dan anak2 sy, thans God sy bisa mewujudkannya impian sy skrg. Sy diperbolehkan suami dan anak2 sy utk mewujudkan impian sy membuat peternakan sapi. WISH ME LUCK, an tlg bantu sy dgn masukan2 yg sy butuhkan. Karena sy buta dlm hal ini

  45. saya dukung anda untuk membangun pertanian organik di Indonesia. Saya juga terjun di pertanian organik, dengan membuat pupuk dan pestisida organik. Memang saat ini respon dari para petani dan pemerintah terhadap pertanian organik masih kurang, tetapi suatu saat pasti akan berubah dengan kerja keras dan usaha yang kita lakukan. Jaya pertanian organik jayalah petani Indonesia

  46. Mari mudik dan membangun bangsa dari desa.

    Setuju. Setuju. Tapi aku mau ngumpulin modal dulu biar bisa beli kerbau buat dipelihara di kampung.

    btw aku mohon izin menginformasikan, bahwa di blog aku ada artikel menarik yang ditulis oleh Monang Sianipar, pengusaha kargo terkemuka di Indonesia.

    Menariknya, demi kepeduliannya terhadap lingkungan, Monang memutuskan “pensiun” dari bisnis kargo, dan kini membaktikan diri demi pelestarian budaya dan alam Tano Batak.

    Tulisannya lihat di http://tobadreams.wordpress.com/

    Terima kasih

  47. mas dhawir (bener ya?), saya sedang prihatin membantu para petani menyerap nilai tambah pasar, terutama untuk tahap terkait dengan produksi pisang (organik). kami ditantang pasar untuk menyediakan pisang bagja (tanduk ala priangan timur) sebanyak sekitar satu ton per minggu. artinya, kami harus menanam sekitar 250-an bibit pisang sebesar/sepanjang 30 cm siap tanam di tanah. masalahnya tak ada bibit pisang bagja sebanyak itu dan sesering itu. bagaimana caranya secara organik (tanpa kultur jaringan?) kami dapat memiliki bibit sebanyak dan sesering itu? tentunya, semakin banyak ya semakin baik bukan? terimakasih sebelumnya ..

  48. Salut buat anda,
    Kita memang sering tidak terpikir akan bahaya yang timbul akibat lingkungan yang rusak. Untuk itu, ayo kita perbaiki bersama-sama.
    Blog anda dan blog saya mempunyai visi dan missi yang sama. Kalau tidak keberatan, boleh lah kita saling kunjung.
    Salam Lestari.

  49. mantap mas dhawir. perkenalkan saya suryokoco. gagsan tentang membangun bangsa dimulai dari desa saya sangat sepakat. mungkin cara yang kita tempuh agak berbeda tapi semangat sama.
    saya juga nyoba bikin blog relawandesa di wordpress juga, silahkan berkunjung. tapi dasarnya gak terlalu paham internet jadi gak bagus tampilannya.
    kalo tidak keberatan kapan waktu saya mohon dibantu beberapa gagasan untuk pengembangan ide yang sedang saya matangkan.
    inino hp saya, boleh saling kontak ya 085 685 275 733

    salam jaya desa desa indonesia

  50. Salam,

    Salam kenal semua Saya Nashir, email mk_mtwf02@yahoo.co.id, lokasi Kalimantan Timur, anak petani, dan juga saya mulai coba bertani sambilan karena masih bekerja di Tambang batubara,
    saya saat ini sedang menanam karet sehingga sangat butuh info mengenai perkaretan, alat2 perkaretan, pemasaran dll.

    thks
    hp. 0811 5533 83

  51. Untuk mas Nashir anda bisa menghubungi mas Trianto
    Trianto

    trianto@technico-indonesia.com hp 0813 9880 4528 (hp on dari 2 november)

    dia punya celah untuk peningkatan eksport karet ke luar negeri.
    dia sekarang di belanda.

  52. halo mas dhawir,,,,,,,,,,,
    kueren boooooo……..
    ak jd pengen…..

  53. Suatu keputusan yang sangat baik, menurut saya.

    Saya pun terarik ingin mengundurkan diri dari kesibukan kota,..tapi belum bisa dilakukan karena beberapa alasan.

    Tetapi saat ini sudah mulai merintis sejak tahun 2003

    Kalau boleh tahu,..dimana Pak dhawir sat ini melakukan kesibukan. Jika tidak jauh,..saya ingin berkunjung ke tempat bapak dhawir

    Semoga sukses selalu

    Trims

    fadhil_net@yahoo.co.id

    Bambang S

  54. salam kenal,
    saya juga manusia yang tunbuh dari pertanian, dan sangat prihatin dengan kerusakan alam yang berpengaruh pada produktivitas berkelanjutan dunia pertanian,..

    semoga dapat berkontribusi bersama,…

  55. salam kenal,

    Pada dasarnya kita tidak boleh jauh hidup dari alam, dan saya melihat alam bisa memanggil kita dengan caranya sendiri. desiran angin, hijaunya daun , indahnya air , beningnya sungai , dan masih banyak lagi.
    mohon ijin untuk links artikel anda seputar organik dan pestisida nabati. di situs saya, meskipun saya baru saja tertarik dengan dunia tanaman.

    sampai saat ini masih mencari informasi mengenai dunia tanaman yang bebas kimia.

  56. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saya sedang membimbing siswa-siswa SMPIT Istiqamah Balikpapan untuk melakukan penelitian dengan menanam tanaman sayur-sayuran.Untuk itu kami sangat butuh informasi bapak tentang : macam-macam pupuk organi , zat pengatur tumbuh organik dan pestisida organik, yang efektif digunakan untuk tanaman tomat, cabai, selada. seledri, sawi dan melon. Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

  57. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saya sedang membimbing siswa-siswa SMPIT Istiqamah Balikpapan untuk melakukan penelitian dengan menanam tanaman sayur-sayuran.Untuk itu kami sangat butuh informasi bapak tentang : macam-macam pupuk organik , zat pengatur tumbuh organik dan pestisida organik, yang efektif digunakan untuk tanaman tomat, cabai, selada. seledri, sawi dan melon. Terima kasih
    Wassalamu’alaikum
    Catatan :
    sebelumnya saya sudah menulis seperti ini tapi menggunakan alamat email yang lama. Mohon maaf dan terima kasih sekali jika Bapak ada waktu dan bisa membalasnya pada alamat e-mail saya ini : malikah_k@yahoo.co.id

    Bu Dian.D dibahas juga di dalam Maret 26, 2008 pada 1:02 am

  58. Rekan-rekan semua nya,

    Saya seorang karyawan swasta,saya seorang specialist produk element building. awal 2008 lalu saya ingin membuat workshop utk penelitian element building dirumah saya, tapi setelah jadi, tiba2 saya berubah pikiran, tiba2 saya tertarik mengembangkan pertanian organik, dan jadilah tempat saya itu untuk worksop pertanian saya.meskipun baru sebentar saya tertarik di pertanian, tapi hal itu membuat saya menemukan kebahagiaan, karena bisa berkontribusi melestarikan alam kita ini. Saya perlu belajar banyak dari rekan-rekan tentang teknologi pertanian organik
    Salam,
    Ronie 08122663131

  59. wah juga tertarik dengan profesi untuk penguatan petani melalui pelatihan, mungkin kita bisa tukar pengalaman. o ya bisa buka web. lembaga aku http://www.dipersani.or.id ini lembaga yang konsen dilingkungan. salam lestari. mukidi 08882718717

  60. salam kenal, artikelnya bagus2 neh….mksh inspirasinya Bos

  61. wah terima kasih banyak nih ide-idenya mengenai pertaniaan organik, dan terima kasih juga infonya mengenai pembuatan pupuk kompos dan em4 dengan em4 kompos yang saya buat bisa jadi lebih cepat. bahkan sekarang dengan menggunakan kompos tanaman cabai saya didalam pot sudah berbuah dengan sangat subur, sekarang saya sedang mencoba menanam strawberry dalam pot dengan media kompos yang sudah jadi, karena terbatasnya lahan di rumah saya maka saya menanamnya dengan metode pot yang digantung ya memang baru ditanam beberapa minggu sih tapi semoga saja bisa menghasilkan seperti cabai. oh ya kalo ada yang mau berbagi mengenai metode pertanian dilahan sempit kirim ke email saya dunk. andre_mukti@yahoo.com

    sekali lagi termia kasih pak dhawir

  62. Aku juga pengen membididayakan hal-hal yang dianggap kurang bermanfaat oleh orang-orang….
    padahal hal-hal itu dapat lebih bermanfaat dari pada tidur siang…

  63. do’akan aku agar jadi orang sukses…… amin
    h2o_heaven@yhoo.com

  64. salam kenal
    salut banget….
    saya kagum pada orang2 seperti ini yang hampir langka saat ini. saya juga sangat ingin mengikuti jejaknya. di desa saya sangat banyak limbah tongkos sawit sisa pabrik yang bau nya sangat menggangu masyarakat di desa saya, kira2 apa yang bisa saya lakukan untuk memanfaatkannya dan tidak mengganggu masyarakat lagi, saya sama sekali tidak memiliki ilmu tentang itu jadi mohon sekali bantuannya, terima kasih, hp saya 08127578634 (yuni alena)

  65. salam kenal
    saya sangat setuju dengan konsep membangun bangsa dari desa.
    pada saat ini saya juga sedang memulai membangun konsep itu. proyek saya pada saat ini berada di garut, daerah limbangan.
    keadaan lahan pertanian disana pada saat ini menurut analisa saya sangat memprihatinkan, selain pertanian konvensional(menggunakan pupuk kimia), juga pengairannya tadah hujan.
    renncana proyek saya pertanian organik dan peternakan yang mendukung pertanian. rencana saya adalah menerapkan teknologi tepat guna untuk mengatasi permasalahan yang ada, semisal teknologi hydram (pompa air tenaga grafitasi) kincir air, atau pembangkit listrik tenaga air(pltmh). tapi masih ada beberapa kendala teknis yang menjadi kendala selain pendanaannya yang terbatas.
    kalau ada yang bisa membantu tolong informasinya. mas trianto kayaknya punya informasi teknik yang cukup banyak.(trianto@technico-indonesia.com hp 0813 9880 4528)
    terimakasih sebelumnya, hp saya 08128109993, email haryanta@idn.fujixerox.com(haryanta)http://www.fathni_nrsery.indonetwork.co.id

  66. terimakasih arikel membuat bibit bakteri EM4nya, katanya bagus ya buat suplemen kelinci supaya kotorannya tidak bau.

  67. Petani di kampug saya tanamannya sering diserang babi. apa punya cara untuk mengusirnya secara alami?
    Terima kasih sebelumnya.

  68. Mas treen,

    Mohon maaf untuk saat ini saya belum menemukan cara untuk mengusir babi.

    Untuk saran coba dicari apa sebab babi2 itu menyerang perkebunan, apa karena kekurangan makan?, atau karena hal lain. semoga dari situ dapat dicari langkah intensifnya.

    Salam Tani
    dhawir

  69. saya secara bertahap jg sedang berproses menjadi petani. ada yg bisa kita sinergikan?

  70. Salam kenal, Alhamdulillah saya menemukan blog Anda, artikel ini yang saya cari, sebenarnya masih ada lagi yaitu cara2 beternak. Tolong bila ada info email saya ke br92686@gmail.com. Tq Sekali lagi saya salut pada Anda.

  71. Salam kenal, saya seneng menemukan blog Anda, bangga dan salut; karena saat ini saya lagi mencari orang-orang yang sejalan dg ide saya. Suatu saat saya membutuhkan sharing dg Anda. Saya lagi berencana untuk mudik ke Rancah, Ciamis.

  72. Salam kenal dari saya dan senang membaca artikel-artikel anda. Saat ini saya sedang dan sudah membuat sendiri pupuk dan pestisida nabati tetapi untuk pengendalian gulma saya kesulitan. Adakah informasi tentang pembuatan herbisida nabati? Salam dari daivafm@yahoo.co.id

  73. salam kenal pak ! saya setuju dengan pendapat anda ! boleh minta alamat dan kita diskusi langsung ?

  74. Salam hijau tentunya mas, selamat berjuang saya sangat menaruh hormat kepada orang seperti anda untuk memulai langkah yg banyak justru orang sdh berpaling. Saya yang sehari hari tanam padi pun perlu belajar dari anda karena ketergantungan petni dengan kimia sdh ckp kuat padahal lingkungan ini kaya, selama ini sayapun bergerak dipupuk organik pabrikan yang sdh teruji dilapang, namun demikian kreatifitas tetap diperlukan agar sdm petani dpt memanfaatkan linkungannya dengan arif, BRAVO ari di borneonasa@yahoo.com

  75. Dalam satu atau dua bulan ini saya juga sudah akan mundur dari rutinitas kerja dan mulai bersiap-siap untuk PULANG KAMPUNG membangun desa di Kediri. Dengan pertanian metode SRI atau IPAT BO yang sedang digalakkan mudah-mudahan mampu mendongkrak pendapatan petani karena peningkatan hasil panen.
    Mari kita berbagi pengalaman satu sama yang lainnya.
    bskusharyono18641@yahoo.com atau 081335622422

    Wassalam

  76. Seandainya di bumi INDONESIA ini ada 1000 orang yg punya hati seperti Pa Dhawir, negeri ini akan makmur,…keep in faith Pa Dhawir,..saatnya nanti saya akan mengikutijejak langkah bapak!

  77. aku salut ama mas, aku juga pingin membangun desaku yang dihuni oleh banyak orang yang selalu ingin jadi pemimpin tapi gak punya kapasitas dan kemampuan tuk itu.
    salam kenal. kapan ya kita punya komonitas pecinta pertanian organik..

  78. Yth. Pak dhahir
    saya mohon ijin untuk dapat menularkan ilmu bapak kepada masyarakat di desa saya. Bravo pertanian organik. majulah Indonesiaku

  79. hallo… nama saya bendy saya mulai seperti bapak dari tanam JAGUNG…. ini saya lg mo coba buat pupuk dari saran bapak… tapi ngak tau bisa apa kagak.. bila bapak DHAWIR berkenan SMS ke no saya 061-91192074 krn saya telp bapak kgk bisa masuk… mohon kerjasamanya bapak dgn saya sangat saya nantikan… thanks.

  80. Aswb.
    Pertama ketemu situs ini langsung tertarik. Sama,saya juga pulang kampung dan sekarang sedang membantu petani di kampung halaman. Mungkin di hari-hari mendatang saya akan sering mengunjungi situs ini dan mohon ijin untuk download informasinya. Trimakasih.
    Waswb.

  81. saya resign bulan januari 2009 dan sekarang menekuni pekerjaan baru dengan bertani sawah organik. saat ini mencoba menerapkan pola tanam padi SRI yang kesohor itu. tentu saja saya akan menggunakan pupuk organik yang ada dipasaran untuk memudahkan aplikasi.
    Kesulitan yang saya hadapi diantaranya : 1. pekerjaan luku/bajak harus mencapai 30 cm kedalamannya 2. pembibitan dengan media kompos 4. pengairan minimum/macak-macak 5. penggunaan pupuk organik saja tanpa pupuk kimia dll.

    Pengalaman di Banten dan Jabar sudah cukup memberikan keberanian saya untuk terjun langsung ke lapangan. Beberapa kawan yang menanam padi under supervisi saya jarak jauh sudah mulai memberikan hasil yang layak dipertimbangkan. Diantaranya panen gabah mulai 8 ton/hektar.

    Semoga praktek lapangan yang saya tahun ini mulai memberikan banyak manfaat dan mampu mengambil kebaikannya.

    Salam buat semua kawan dari dusun ampel kab. Semarang.
    Anung 0811122045

  82. liat blog Bapak Jadi malu nih, lulusan pertanian ga punya sumbangsih buat desanya, makasih inspirasinya, semoga allah membukakan hati kita semua untuk kembali ke alam,

  83. Terima kasih saya banyak copy paste resep pupuk anda untuk dibagikan ke petani alhamdulillah ada binaan ponpes yang sudah bertani cabe keriting memasuki hari ke 67 sudah kelihatan hasilnya untuk yang mau sharing kirim email ke rukajat@gmail.com

  84. Terimakasih atas sharing ilmunya. Dari sejarahnya, Indonesia merdeka dan kini dalam perkembangannya, selalu dimulai DARI DESA. Untuk teman-teman di Jabodetabek, kalau ada yang memulai membangn desa dari air bersih, bisa menghubungi saya. (fira_rahmanu@yahoo.com)

  85. salam desa, assalamulaalaikum, perkenalkan nama saya jiwo, saya asli dari desa gawok (sekitar kota solo, jateng) dan saya juga warga desa pogog, puhpelem, wonogiri.
    senang rasanya bisa berkomunikasi dengan banyak rekan di sini dalam rangka membangun desa. di sini sepertinya saya mendapatkan roh baru dan semangat serta mendapat berbagai ilmu sebagai measukan bagi saya khususnya dalam mebangun desaku, desa pogog.
    desa pogog adalah desa miskin di lereng anakkan gunung lawu (jateng) yang masuk wilayah kabupaten wonogiri yang berbatasan denga propinsi jawa timur. di sini saya dulu pernah mendapatkan kesempatan KKN dari kampus UNS surakarta tahun 1993. sekarang saya masih KKN di desa ini meski cuma seorang diri.
    salam desa, dan salam kenal buat kang dhawir dan semua rekan di sini..
    jiwo

  86. tolomg kirimin cara membuat pupuk kompos yuach coz pengen buat nich bales ke email saya aj secepatnya!!!klo bisa besok

  87. Salam Kenal, saya Rohmat. Betul skali Mas. Ayo bangun desa! Perlu perjuangan dan sinergi dari kita semua untuk mambangun secara bersama-sama. Semoga kedepan kita bisa saling berdiskusi. Salam Mandiri!
    http://rohmatdiono.wordpress.com/

  88. hallo…assalmualakum. saya dewi dari aceh, saya sangat menyukai tanaman, saya melihat banyak petani membuat pupuk organik sekarang saya tertarik karena selain murah juga tidak merusak lingkungan dan kalo bisa saya ingin belajar cara membuat pupuk organik.sebagai percobaan pertama apa sebaiknya yang harus saya lakukan? terima kasih.

  89. jabat erat untuk mas dharwin dari saya.
    saya juga sedang memulai untuk kembali ke alam pedesaan yang lebih natural. menurut saya pedesaan pun sekarang tidak lagi hidup alamiah karena tingkah laku masyarakat yang ingin segala sesuatunya cepat dan mudah tanpa mempertimbangkan keberlanjutan hidup.

    saya ingin sekali berteman dengan mas dharwin dan membahas segala hambatan dan peluang hidup alami di pedesaan.

    terimakasih.

  90. memperhatikan lingkungan adalah memperhatikan kehidupan diri sendiri dan juga lainnya untuk saat ini serta yang akan datang, mulai dari hal sangat kecil dapat berbuat mulai pak Dawir, akan memberikan semangat perbuatan yang sangat besar yang menjadi kenyataan nantinya.
    Salam saya,
    Sugianto

  91. Assalamu Alaikum Sobat….
    Semua Orang dari Desa, apalagi yg terkenal dan hebat2, semua pasti dari desa…Ga kenal diskriminasi tentang itu, yg penting karsa dan karya untuk negeri dan agama tercinta…Salut dengan blog sobat ini, rupanya kita se visi, sy juga penggiat di bidang ini, coba ke blog saya juga gabung ya… beri pencerahan sesama blogger yang semua mau balik ke desa untuk bangun negeri ini, karena tanpa itu..Mustahil negeri ini bisa maju…Hanya dari Desa kita harus membangun, karena di sana kekayaan yang sesungguhnya. Mari kita aplikasi semua ide cemerlang yang ada di blog ini, Insya Allah Pasti Kita bisa Aplikasi… Mari kita lanjut pertemanan ini demi bangsa dan masyarakat Indonesia… Salam Sobat dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, ini no contac saya sobat 085215497331, saya ada beberapa blog yg semua konsen ke organik ini, makanya sering saya katakan dan ajak teman2 hidup di alam organik (terapkan manajemen organik secara makro).. Sukses Teman

  92. salam,
    semoga saya tidak terlambat untuk bergabung…
    1 tahun terakhir ini pikiran saya juga melayang ke pertanian organik, kembali ke desa, stop urbanisasi, pola hidup sehat….
    saya berharap bisa banyak belajar dari Anda. Akhir September ini saya juga sudah resign dan ingin memulai karya saya dalam ke-organik-an dan pola makan sehat..
    mohon bimbungannya.
    terimakasih

  93. Assalamualaiku wrwb<
    Salam kenal,wah sangat bagus dan informatif semoga bisa untuk dimanfaatkan pada kita yang punya visi sama mbangun ndeso. dan saya juga penguna pupuk organik , tapi masih dalam percobaan dan sudah terhihat hasinya lumayan . Labu yang saya pupuk besar mbanget he he he .
    Kalau Mas Dhawir pas ke Magelang/Purworejo silahkan mampir ke rumah Alamat : P Mursid Depan TB Lancar Krajan Kaliabu Salaman Magelang. saya mau minta saran tentang tanaman saya tersebut dan mungkin banyak hal yang bisa kita berbagikan.
    Jabat erat . maju terus sukses selalu
    Wassalam
    Mursidi Basuki
    HP 081328283815
    Email mursid_05@yahoo.co.id

  94. Saya setuju sekali……saya jadi ingat kalau pensiun nanti kembali ke desa dan membangun desa supaya lebih maju lagi. saat ini saya sbagai PNS di Bengkulu.

    salam

    suroto
    HP.08127875779
    Komplek Universitas Bengkulu
    Blok.1 No.63 Pematang Gubernur
    Bengkulu

    Kp.Halaman
    Ds.Purwosari Kal.Sampetan
    Kec.Ampel Kab.Boyolali
    Jawa Tengah

  95. Aku merasa malu ternyata apa yang aku lakukan selama ini belum seberapa buat bumiku, cita-citaku juga sama dengan kamu begitu banyak kerusakan yang telah dibuat dimuka bumi ini semua ingin diraih tanpa mengabaikan akibat di masa mendatang semoga banyak yang diberikan keasadaran akan lingkungan, aku merintis hal yang sama mulai 2005, aku membuat kelompok tani Indo Tani, aku masuk di pengurus Gapoktan dengan harapan bisa memberikan masukan kepada mereka. Semoga perjuangan kita terus dapat dukungan. Amien

  96. Salam ta’lim kepada pecinta bumiku bisa tukar informasi bisa lewat emeilku :
    indotani_klb@yahoo.co.id
    alamatku di Kalibagor Kab. Banyumas Jawa Tengah

  97. salam kenal,
    saya juga anak desa yang sedang berusaha di desa kembali,saya sedang berusaha untuk beralih ke pertanian organik,karena minimnya pengetahuan yang saya miliki saya mohon ijin untuk berbagi ilmunya,begitu banyak hal yang ternyata membuat saya merasa belum tahu apa-apa tentang pertanian walaupun saya besar di lingkungan pertanian,anda adalah salah satu inspirasi buat kami anak-anak muda yang ingin bertani dengan benar dan dengan tidak merusak alam,anda membuat kami menjadi lebih bersemangat lagi untuk terus maju,

  98. Salam Kenal
    saya Tito S yang dari kecil sampai sekarang hidup, dan selalu merasa menjadi orang desa jd walaupun tinggal lama di ibukota saya slalu menerapkan kehidupan layaknya orang desa khususnya pertanian atau perkebunan, selama ini saya sudah merintis perkebunann mangga di wilayah pantura Subang, walaupun hasilnya belum maksimal, saya slalu menerpakan pertanian organik. Tentu masih sangat aneh dan langka karena walaupun dekat dengan Sang Hyang Sri ( di Sukamandi ) sebagai Lembaga Pemerintah di bidang pertanian, tapi masyarakat sekitar tidak merasakan manfaatnya. Petugas PPL Pertanian lebih menitik beratkan menjual produk pestisida kimiawi daripada bagaimana membangun pola pikir petani untuk bercocok tanam secara lebih sehat atau pertanian organik, dengan kondisi daya beli petani yang rendah dengan harga pestisida yang tinggi sehingga petani, sehingga petani di wilayah Pantura tetap menjadi petani yang miskin, terutama dengan ide-ide cemerlangnya seperti yang pak Wiryawan gagas, untuk itu blogs tsb akan selalu menjadi rujukan bagi saya dalam mengembangkan pertanian.Sukses slalu buat semua …

  99. masyaalloh..saya senang skali ktmu org2 spti kalian..smoga alloh mmudahkn usaha dg niat yg baik.amin. bwt ibu2 pecinta tanaman sharing ma aku ya..

  100. bos kita satu pandangan tentang pertanian gimana klo saya ingin sering dengan boss minta alamat FBnya….!

  101. Saya salut dengan rekan rekan yang mau mengkampanyekan dan mempelopori pertanian organik karena memang itulah yang benar. Bukan pertanian konvensional yang mengandalkan kimia kimia yang justeru dalam jangka panjang akan merusak kesuburan, dan menghancurkan lingkungan.Berdasar survei yang telah kami lakukan di beberapa daerah di Jawa Timur, PH tanah sangat asam berkisar antara 4.5 an – jauh di bawah ambang batas normal 6.5 s/d 7,tanah menjadi snagat kerasm,humus di top soil tidak terlihat lagi,unsur hara tanah hampir habis dan mikroorganisme tanah berkurang drastis, Cacing cacing tanah yang merupakan indikator kesuburan sudah jarang dijumpai, belut tidak ada lagi dan predator predator sudha langka. Itu pertanda lahan lahan kita sudah diambang kritis dan harus SEGERA dibenahi. berkaitan dengan kondisi dan situasi seperti itu, prioritas utama di bidang pertanian menurut kami adalah mengembalikan kesuburan tanah – ini mutlak perlu dan harus segera dilakukan, bila perlu dicanangkan sebagai program Nasional dengan KEPMENTAN kalau pertanian kita mau maju dan selamat ke depan. Kita harus belajar dari masa lalu dan pengalaman, jangan sudah salah masih tetap ngotot dan diteruskan( apakah kita mau semakin hancur ??? ???? Di Negara Negara maju program perbaikan lahan kritis selalu mensyaratkan bahan bahan organik+mikroba+unsur humat, dan perbaikan itu ber hasil dengan sangat memuaskan. Unsur Humat/Humic Acid yang merupakan dekomposisai dari humus dan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi tanaman dan kesuburan tanah. Dikatakan Humic Acid adalah the best soil conditioner/pembenah tanah dan juga best soil microbe accelerator/pemacu aktivitas mikroba yang sangat handal. Masih banyak manfaat lainnya yang sangat penting ( bisa cek di google
    atau yahoo tentang HUMIC ACID ). Kalau negara maju saja sudah mengakui dan memakai HUMIC ACID, mengapa kita tidak mencobanya juga untuk memasukkan dalam program pemupukan kita dan membuktiannya ?????

    Kebetulan kami adalah supplier Pupuk organik Humic Acid dan juga Pupuk Mikroba. kami sudah uji coba di lapangan untuk semua jenis tanaman, dan terbukti hasilnya sangat memuaskan. jadi bagi rekan rekan yang terjun ke pertanian dan kembali ke desa, dan mau mencoba aplikasi pupuk Humic Acid + Pupuk Mikroba esensial, bisa menghubungi kami di no telp 031 5923170/031 78069387/08161398114 atau email : gunawand@hotmail.com

    Kami minta teman teman dan rekan rekan cek dulu manfaat HUMIC ACID sendiri sebelum ambil keputusan karena kami tidak ingin timbul kesan kami mengunggulkan HUMIC ACID karena kami pedagang HUMIC ACID, oke ?
    Kami harpkan pertanian kita di desa desa bisa bangkit kembali dan desa bisa menjadi desa pertanian mandiri sehingga bisa mendukung ketahanan pangan secara Nasional…. semoga.

    Salam sejahtera,

    Doni

  102. jempol diatas buat pemikir dan ivovator. sukses

  103. GO ORGANIK INDONESIAKU

  104. salam hangat mas dhawir, mungkin kami yg paling terlambat bergabung,kami dr kabupaten karawang,yg terkenal sebagai lumbung padi, tetapi buat kami menjadi lumbung pupuk kimia dan peptisida,juga lumbung kemiskinan.mudah2an mas dhawir dan sahabat2 yg ikut berpartisipasi dapat memberi masukan bagi kami.terima kasih

  105. maaf nih mo nanya, mana yang lbh baik, pupuk organik padat atau pupuk organik cair? Skrg saya sedang mananam sengon, saya masih bingung dengan penggunaan pupuk organik. Tks

  106. salam knal, saya adhit, saya juga baru saja mendalami pertanian, peternakan, perikanan, saya sedih melihat petani2 kita yg selalu mengeluh karena mahalnya ongkos produksi pertanian mereka, awal januari 2010 saya dikenalkan oleh teman saya sebuah teknologi mikrobakteri, kemudian saya coba untuk mengenal lebih jauh apa itu bakteri, ternyata dengan bakteri kita bisa meninggalkan pupuk2 kimia 100% dari sawah kita, sungguh luar biasa, hingga sekarang saya dan teman2 setiap malam keliling ke desa2 untuk memberikan kuliah untuk para petani akan dampak buruk kimia bagi lahan mereka dan bagi tubuh kita…alhamdulillah respon para petani sangat positif, mereka berjanji akan sedikit demi sedikit meninggalkan kimia dari lahan mereka.

    senang saya bertemu dengan seorang pejuang organik…mari kita hijaukan bumi lestarikan alam.

    adhit ” hijau lestari semarang”
    08122861850

  107. saya juga ingin gabung.. ikut bertani juga di desa kakek saya.. ini ada facebooknya atau milisnya atau apa untuk saling tukar info buat memajukan pertanian kita…

  108. Salut Buat Mas Dawir dan teman2.
    Mari kita galakan GO ORGANIK.
    dengan pengalaman saya dan saya padukan dengan teori Mas Dawir saya sudah bisa memproduksi pupuk organik sendiri, juga sudah di manfaatkan oleh petani sekitar.
    Saya Fauzan Agus Musthofa, Kepala Desa Jetis Delanggu Klaten.
    HP 0816677939.
    Mari berbagi teori dan pengalaman

  109. Salam kenal P Fauzan, saya punya bibit labu air mau mencoba?
    Lihat fb saya , mungkin kalau p fauzan bisa memanfaatkan buah labu air tersebut bisa untuk dikembangkan di desa saya sediakan bijinya. Wassalam
    Mursidi Basuki
    HP 081328283815

  110. om saya siswa sma, pingin bantu bapak saya kasihan punggungnya hitam legam tapi hasilnya tak seindah punggungnya , tolong ya om diajari bikin ZPT organik, makasih om

  111. salam,
    saya penuntut di Malaysia
    saya mendapati info di dalam blog ini sangat berguna buat saya
    dengan ini saya mohon izin untuk menggunakan ilmu yang diperoleh
    saya berharap dapat membantu bapa yang juga seorang petani
    harap bisa berhubung

  112. hidup organic

  113. ide yanus. tolong dijelaskan konsep membangun desa yang integral itu seperti apa…biar saya bisa mbayangin, misalnya dari sisi ekonomi dulu, tahap 1..2..3…, apakah seperti gambaran pertaanian di negri-negribarat misalnya.

  114. Salam Kenal Semua…
    Saya juga siap bergabung dengan kalian,untuk membangun kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya…
    Saya juga sudah Resign 1 Th yg lalu dg tujuan yg kebetulan sama dg pak wir…
    Contact Saya 0858 1436 5111

  115. mohon kirim alamat soudara, rencana desa kami pada bulan mei akan melakukan study banding ke desa pengolahan sampah di kab. purworejo. mohon bantuan alamat desa yang pantas sebagai lokasi study bnading desa kami. trim

  116. go organik..lebih halal dan berkah…semangat aaaakh

  117. saya salut dengan anda yang sejak 2007 sudah mulai beraksi untuk misi besar ini, dan saya baru tergerak sekarang. bagaimana kabar anda hari ini.di bulan juni 2011 ini

  118. assalamualaikum wr. wb.
    kenal kan saya seorang mhasiswa..
    saya ingin mempelajari pertanian organik itu seperti apa?
    apa kah ada efek samping nya??
    kalo ada lebih banyak mana dampak positif nya atau dampak negatif nya??

    Dan saya sependapat dengan ide Anda tentang ”Ayo Mudik dan Membangun Bangsa dari Desa”
    karena itu salah satu tujuan saya setelah cukup menuntut ilmu di perguruan tinggi..

  119. ADA YG MAU BIBIT BUAH NAGA SUPER RED,KITA KNAL TAHAN HAMA TAHAN PENYAKIT DM MENGHIJAKAN NEGRI TERCINTA DAN MENGHASILKAN…CUMA 3RB RUPIAH HUBUNGI 087830074063.ALIM

  120. Thankfulness to my father who informed me regarding this
    webpage, this website is truly remarkable.

  121. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was extremely long) so
    I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your
    blog. I too am an aspiring blog writer but I’m still new to everything. Do you have any tips and hints for beginner blog writers? I’d really appreciate it.

  122. Silahkan bagi agan agan yang membutuhkan pisang Bagja atau bibit pisang bagja,baik secara tunas alami ataupun kultur jaringan bisa menghubungi.
    Nama : Dedy Zakaria
    Alamat : Cianjur
    No.hp : 0855.2300.555

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: